"A thousand may fall at your side,
And ten thousand at your right hand;
But it shall not come near you. " (Psalm 91:7)

Thursday, October 22, 2009

Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 5


Sejarah Konfederasi Eropa

Lukas 21:29-31 : "Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat."

Pohon ara berbicara tentang Bangsa Israel, untuk mengetahui tentang akhir zaman, Tuhan ingin kita memperhatikan keadaan dan perkembangan Israel dan perkembangan bangsa-bangsa lain (yang diumpamakan dengan "pohon apa saja") dimana salah satunya adalah dengan memperhatikan perkembangan negara-negara di Eropa. Dan hampir semua perkembangan negara-negara berkisar tahun 1948, sama seperti awal (bertunasnya) bangsa Israel, demikian dengan kemunculan negara-negara di dunia berkisar tahun tersebut.

Berakhirnya Perang Dunia ke-2 (PD II) membawa perubahan besar negara-negara di dunia ini, dengan banyaknya negara-negara baru lahir saat itu (termasuk negara kita Indonesia-1945) juga dengan bermunculannya organisasi-organisasi kerja-sama antar negara, terutama di tingkat regional, semisal NAFTA (kerjasama antar negara-negara Amerika Utara), ASEAN, MERCOSUR (kerjasama antar negara-negara Amerika Selatan) dan Uni Eropa (UE). Terlepas dari motif pendiriannya, hubungan antar negara ini bergerak menuju ke suatu tatanan dunia baru yang membuat batas negara menjadi kabur dan pengerucutan jumlah negara.

Demikian juga dengan masyarakat Eropa, sekalipun PD II sudah dinyatakan berakhir tidak serta merta membuat perasaan aman di antara masyarakat Eropa. Ketegangan dan ancaman akan terjadinya perang dunia ke-III antara blok Barat dan Timur dengan puncaknya pembangunan tembok pemisah antara Jerman Barat (yang dikuasai negara-negara Sekutu/Barat) dan Jerman Timur (yang dikuasai Uni Soviet/ blok Timur) tahun 1948, memaksa negara-negara Eropa untuk bersatu.

Berikut ini adalah sejarah dan tahun-tahun perkembangan berdirinya Eropa bersatu :

1948, Perjanjian Brussel
WEU (Western European Union) sebuah himpunan negara-negara Eropa yang bekerjasama dalam bidang keamanan dan pertahanan yang beranggotakan : Inggris, Perancis, Belgia, Belanda dan Luksemburg. Dalam pertemuan ini menghasilkan perjanjian Brussel, yaitu perjanjian yang menyepakati kerjasama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan. Inilah cikal-bakal Eropa bersatu.

1949, Dewan Eropa
Setahun setelah perjanjian Brussel, dibentuklah Dewan Eropa (Council of Europe) yang bertujuan untuk meraih kerjasama yang lebih besar diantara negara-negara yang memiliki kesamaan budaya dan tradisi. dari sini kita sudah dapat melihat bagaimana orang-orang Eropa mulai sadar bahwa mereka berasal dari satu rumpun dan leluhur yang sama, dan akan lebih baik jika mereka mulai bersatu atas dasar persamaan-persamaan yang mereka miliki. Inilah tunas yang mulai nampak untuk kembali bersatunya kerajaan Romawi yang telah hampir 1500 tahun tercerai-berai.

1951, European Coal and Steel Community
Dengan kesadaran untuk bersatu yang semakin besar, lalu 6 negara Industri Eropa (Belgia, Perancis, Italia, Luxemburg, Belanda, dan Jerman Barat) pada tanggal 25 Juli 1951 mendirikan ECSC (European Coal and Steel community) yaitu sebuah kerjasama dalam perdagangan batu bara dan baja, dimana pada akhirnya kerja sama ini melahirkan suatu zona ekonomi di Eropa.

1957, Masyarakat Ekonomi Eropa
Tepatnya pada tanggal 1-2 Juni 1955, para menlu 6 negara penandatangan ECSC bersidang di Messina, Italia memutuskan untuk memperluas integrasi Eropa ke semua bidang ekonomi. Pada tanggal 25 Maret 1957 di Roma diadakan pertemuan yang disebut Club of Rome (kelompok Roma)- yang kemudian berkembang menjadi wadah pertemuan eksklusif dan terhormat- lalu mereka menandatangani European Atomic Energy Community (EAEC) yaitu suatu organisasi baru yang lebih dikenal dengan nama European Economic Community (EEC) atau dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE).

1973, Penyatuan besi dan tanah liat digenapi
Setelah sekian lama negara Denmark, Irlandia, dan terutama Inggris (yang memiliki kekayaan terbesar diantara negara-negara Eropa lainnya) menolak bergabung dalam kelompok Masyarakat Ekonomi Eropa, akhirnya pada tanggal 1 Januari 1973 mereka bergabung menjadi anggota MEE.
Inilah penggenapan mimpi Nebukadnezar mengenai kaki patung yang terbuat dari besi bercampur dengan tanah liat, yaitu penyatuan negara-negara Eropa merupakan penyatuan negara-negara yang sangat berbeda baik dari segi kekuatan, kekayaan dan perbedaan ekonomi. Penyatuan negara-negara menjadi satu Konfederasi akan menyatukan semua perbedaan itu, hal ini tidak akan mudah karena negara-negara yang memiliki kemajuan ekonomi dan kekayaan yang besar seperti Inggris, Perancis, dan Jerman tidak akan mau begitu saja menyerahkan/ menyatukan kekayaannya untuk mendukung negara-negara lain yang lemah, apa lagi jika harus menggunakan mata uang yang sama, Inggris sebagai pemilik mata uang tertinggi di dunia akan mengalami kemerosotan oleh karena akan menutupi mata uang negara-negara lain yang rendah.

1979. Penyatuan mata uang
Setelah melewati banyak perdebatan terutama dari negara-negara yang "lebih kuat" akhirnya pada tanggal 13 Maret 1979 MEE memperkenalkan mata uang ECU (European Currency Unit), mata uang ini berlaku atau dapat digunakan diseluruh Eropa.
ECU diambil dari kata ecu yaitu mata uang kuno Perancis. Dan yang menariknya ECU di dalam bahasa Jerman adalah "ein ecu" yang penyebutannya "ein Kuh" yaitu kata yang sama untuk "sapi". Ingat Europa menunggangi sapi jantan.

1980, Parlemen eropa disahkan
Pada bulan Juni 1979 Parlemen Eropa (European parliament) dibentuk dan pada bulan Januari 1980 Parlemen tersebut disahkan.
Penyatuan Eropa ini tidak menjadikannya menjadi SATU negara baru, namun menjadi suatu konfederasi yaitu suatu perserikatan antara negara-negara Eropa berdasarkan perjanjian atau undang-undang, persis seperti konfederasi Romawi dahulu, dalam menjalankan pemerintahannya mereka membentuk parlemen yang anggotanya dipilih langsung oleh seluruh warga Uni Eropa.

1992, Eropa serikat resmi berdiri
Dengan ditandatanganinya Treaty on European Union (TEU) pada tanggal 7 Februari 1992 dan akan diberlakukan pada tanggal 1 November 1993, maka dengan resmi mengubah European Communities (EC) menjadi European Union (EU) atau Uni Eropa (UE).
Inilah tonggak berdirinya Eropa bersatu, disadari atau tidak oleh para pencetusnya, inilah Romawi baru yang bangkit kembali untuk menggenapi dan menyelesaikan sisa 7 tahun pemerintahan mereka sebelum Kristus datang memerintah di dunia ini. Hingga saat ini (per tahun 2007) UE telah beranggotakan 27 negara, namun kelak mereka hanya beranggotakan 10 Negara saja dengan 1 pemimpin.

Kemana negara-negara lainnya ? Kebanyakan dari mereka yang memiliki kesamaan-kesamaan akan melebur menjadi negara yang sama, sebagai contoh : Belanda, Luksemburg dan Belgia sudah dapat dikatakan satu, sebab mereka mrupakan satu rumpun; Demikian juga dengan Swedia, Denmark, dan Norwegia merupakan satu rumpun, yaitu Skandinavia. Atau sekalipun negara-negara tersebut tidak saling melebur, paling tidak negara-negara tersebut nantinya akan dibagi menjadi sepuluh zona atau kawasan.

bersambung...
Buletin Doa Edisi 131


Kalau yang mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru selamat pribadi, dapat berdoa seperti ini:


Tuhan, saya tahu saya orang yang berdosa, ampuni saya Tuhan. Mulai saat ini saya percaya dan mengundang Tuhan sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadi saya. Masuklah dalam hati saya Tuhan Yesus dan bertakhtalah dalam hidup saya. Mulai sekarang saya akan melakukan semua kehendak Tuhan. Saya adalah milik Tuhan Yesus.
Terima kasih. dalam Nama Tuhan Yesus, saya berdoa.
Haleluya. Amin

Seperti ada tertulis di Ibrani 4:7 : "Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 4
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 3
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 2
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 1
Perang Harmagedon
Rapture bagian ke 3

No comments:

Post a Comment