"A thousand may fall at your side,
And ten thousand at your right hand;
But it shall not come near you. " (Psalm 91:7)

Friday, October 16, 2009

Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 1



Seri akhir Zaman
Tanda spesifik akhir zaman

"Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat, Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh." (Daniel 7:7)

Penggenapan nubuatan terpenting berkaitan dengan perkembangan akhir zaman adalah kembalinya orang-orang Yahudi ke Timur Tengah yang mengakibatkan berdirinya negara Israel di tahun 1948, dan yang terpenting kedua adalah perkembangan terbentuknya Konfederasi Eropa atau Eropa Bersatu (European Union), sebab bersatunya negara-negara Eropa merupakan penggenapan dari mimpi Nebukadnezar (Daniel 2), mimpi Daniel (Daniel 7) dan penglihatan Daniel (Daniel 8) tentang akhir zaman.

Mimpi Nebukadnezar

Pada tahun kedua pemerintahan kerajaan Babel, raja Nebukadnezar resah karena ia mendapat mimpi yang ia yakini sebagai pesan dari dewa-dewa, lalu raja memanggil para ahli mimpi, orang-orang berilmu, ahli sihir dan para Kasdim (orang-orang terpelajar dan berpengetahuan tinggi) bukan untuk mengartikan mimpinya melainkan untuk memberitahukan apa mimpi raja berikut maknanya. Suatu permintaan yang tidak biasa tentunya, dan tentu saja tidak ada yang bisa memberitahukan apa mimpi raja tersebut - sebab biasanya orang memberitahu mimpinya terlebih dahulu baru minta penjelasan tentang makna dan artinya - sehingga raja murka dan mengeluarkan perintah untuk membunuh semua orang bijaksana di negeri itu termasuk Daniel dan teman-temannya yang pada waktu itu mereka merupakan tawanan yang tinggal di istana raja sebagai salah satu pelayan raja.

Menanggapi hal itu, Daniel terpanggil untuk mengartikan mimpi tersebut, dan ia meminta waktu dan berdoa sungguh-sungguh kepada Allah-nya, sebab ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menyingkapkan mimpi raja sekaligus memberikan makna dari mimpi tersebut. Allah mendengarkan doa Daniel dan menyingkapkan mimpi raja Nebukadnezar dalam suatu penglihatan (Dan 2:19).

Daniel menjelaskan mimpi raja sebagai berikut (Dan 2:31-35) :
Raja melihat sebuah patung besar dengan kepalanya terbuat dari emas tua, dada dan lengannya dari perak, perut dan pinggangnya dari kuningan, sedang pahanya dari besi dengan kakinya sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat. Sementara tuanku melihatnya, terungkit lepas sebuah batu tanpa perbuatan tangan manusia, lalu menimpa patung, tepat pada kakinya yang dari besi dan tanah liat itu, sehingga rubuhlah patung itu.

Daniel juga menjelaskan bahwa arti mimpi raja adalah tentang masa depan, mengenai apa yang akan terjadi di kemudian hari mulai dari saat itu hingga akhir zaman. Mimpi tersebut menunjukkan bahwa hanya ada empat sisa kerajaan lagi yang akan menguasai dunia ini.

Daniel dengan terperinci menjelaskan bahwa patung yang raja Nebukadnezar lihat dalam mimpinya adalah melambangkan sebuah pergantian kekuasaan kerajaan-kerajaan besar yang berdiri kemudian hancur. Hanya akan ada EMPAT KERAJAAN sebelum Kristus datang untuk mendirikan kerajaan-Nya (kerajaan 1000 Tahun damai) di bumi ini, dimulai dengan kerajaan Babel yang dipimpin oleh raja Nebukadnezar sendiri yang digambarkan oleh kepala dari emas; sesudah itu akan ada kerajaan baru yaitu kerajaan Media dan Persia yang digambarkan sebagai dada dan lengan dari perak; kemudian kerajaan Yunani pimpinan Alexander Agung (Pinggang dari kuningan) dan terakhir Kaki dari besi yang melambangkan kerajaan Romawi. Setelah itu barulah sebuah batu menghancurkan semuanya (menggambarkan kedatangan Kristus yang akan menghancurkan kerajaan terakhir saat kedatangan_Nya yang kedua kali kelak).

Setiap kerajaan yang disebutkan Daniel merupakan kerajaan-kerajaan yang akan MENGUASAI YERUSALEM dan dunia. Kerajaan-kerajaan tersebut Tuhan izinkan menginjak-injak Yerusalem sebagai hukuman atas dosa Israel.

Penglihatan Daniel Yang Pertama
Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar (cucu Nebukadnezar) berkuasa di Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan : "Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar, dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain..."

Berikut penjelasan dari setiap bagian patung yang raja Nebukadnezar lihat melalui mimpinya dan apa yang Daniel lihat dalam mimpinya mengenai empat kerajaan terakhir di bumi ini :

1. Kepala dari emas murni (fine gold)
Kepala ini melambangkan kerajaan Babel/ Babilonia (606 SM s.d 536 SM)


Sejak kematian raja Salomo, Israel terpecah dua menjadi kerajaan Israel dan kerajaan Yehuda (I Raja 11:11-13). Pada tahun 721 SM kerajaan Israel ditaklukkan dan ditawan oleh bangsa Asyur, sedangkan kerajaan Yehuda ditaklukkan oleh Babel pimpinan raja Nebukadnezar pada tahun 586 SM. Inilah awal dari masa penghukuman atas bangsa Israel. Yerusalem direbut dan dihancurkan, Bait Allah dijarah lalu dibakar, sedangkan penduduknya ditawan menjadi budak di Babel termasuk Daniel yang kemudian mengartikan mimpi tentang patung raja Nebukadnezar.

Kepala, ini menggambarkan bahwa Babel merupakan satu-satunya kerajaan yang terdiri dari satu bangsa (kerajaan tunggal), selain itu Babel memiliki kekuatan dan keteraturan pemerintahan yang luar biasa baik, seperti kepala mengatur seluruh anggota tubuh pada manusia.

Emas murni, itulah gambar Tuhan tentang Babel, sebab sekalipun Babel adalah pusat kuasa gelap penentang Allah, dimana dari sanalah semua agama berasal, namun raja Nebukadnezar memiliki sifat yang arif dan mau mengakui kekuasaan Tuhan semesta alam seperti yang dapat kita lihat di kitab Daniel 2:47. Kerajaan-nya tidak besar, luas wilayah dan waktu kekuasaan kerajaannya merupakan yang terkecil dan terpendek diantara ke-empat kerajaan yang akan berkuasa kelak, namun Babel merupakan kerajaan yang memiliki moralitas yang relatif baik, raja Nebukadnezar digambarkan diberi hati manusia dan masih mau memuja Allah semesta alam (Dan 4:34-37 ; 7:4), selain itu Babel merupakan kerajaan terkaya, mereka pernah membuat patung dewa Baal dengan berat total 8,5 ton emas murni. Emas merupakan hal biasa di lingkungan istana Babel.

Penglihatan Daniel : "Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia."(Dan 7:4)

Singa bersayap merupakan lambang dari kerajaan Babel, singa melambangkan binatang buas seperti halnya Nebukadnezar yang diktator memerintah kerajaan, namun pada masa pemerintahannya raja itu akan diangkat dan memiliki hati manusia sehingga dapat menyembah Allah semesta alam dan menghormati Daniel yang adalah seorang budak tawanan.

Kerajaan itu diberikan kuasa oleh Tuhan selama 70 tahun menguasai Yerusalem (Yer 29:10) setelah itu ia dikalahkan oleh kerajaan Media dan Persia.

Bersambung...
Buletin Doa Edisi 131

Kalau yang mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru selamat pribadi, dapat berdoa seperti ini:

Tuhan, saya tahu saya orang yang berdosa, ampuni saya Tuhan. Mulai saat ini saya percaya dan mengundang Tuhan sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadi saya. Masuklah dalam hati saya Tuhan Yesus dan bertakhtalah dalam hidup saya. Mulai sekarang saya akan melakukan semua kehendak Tuhan. Saya adalah milik Tuhan Yesus.
Terima kasih. dalam Nama Tuhan Yesus, saya berdoa.
Haleluya. Amin

Seperti ada tertulis di Ibrani 4:7 : "Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"
Related posts :

Perang Harmagedon
Rapture bagian ke 3

No comments:

Post a Comment